Wednesday, November 21, 2007

Katalis Dalam Keperawatan Komunitas

Katalis disini dapat diartikan seseorang atau sesuatu yang medorong adanya perubahan. Katalis dapat mengarahkan pada dialog yang efektif dalam komunitas, memfasilitasi tindakan kolektif dan memecahkan masalah yang umum terjadi. Ada enam jenis katalis, diantaranya :

  1. stimulus internal

stimulus dari dalam komunitas dapat terjadi jika masyarakat sadar akan masalah kesehatan yang ada di wilayahnya, contoh : meningkatnya jumlah unggas yang terkena flu burung di wilayahnya secara otomatis akan menyadarkan komunitas akan pentingnya dialog untuk memecahkan masalah tersebut.

2. Change agent

Sebagai seorang perawat komunitas kita dituntut untuk berperan sebagai change agent di dalam komunitas. Perawat komunitas harus menyadarkan masyarakat akan masalah-masalah kesehatan yang memerlukan perubahan sosial.

3. Inovasi

Perawat komunitas juga dituntut untuk selalu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah-masalah kesehatan yang ada di komunitas.

4. Kebijakan

Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah seharusnya dapat menstimulus komunitas untuk bertindak, seperti gerakan massal pemberantasan DBD dengan kewajiban melakukan 3M di rumah masing-masing.

5. Ketersediaan teknologi

Perkembangan teknologi terkini khususnya teknologi kesehatan seyogyanya selalu diikuti oleh perawat komunitas. Hal ini akan memudahkan pekerjaan kita ketika bersinggungan dengan masyarakat, contoh adanya metode kontrasepsi non hormonal akan menstimulasi komunitas untuk mempertimbangkan ulang penggunaan kontrasepsi hormonal yang lebih beresiko.

6. Media massa

Media massa berfungsi untuk mengubah opini publik yang dirancang untuk mengubah perilaku individu atau kelompok agar dapat mengadopsi hal-hal baru yang disampaikan oleh perawat komunitas.