Friday, January 4, 2008

PENINGKATAN PELAYANAN DAN PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT

Sejauh ini pelaksanaan perawatan kesehatan masyarakat (puskesmas) sebagai salah satu program pokok puskesmas masih jauh dari kondisi ideal. Beberapa sebab yang melatar belakangi keadaan ini diantaranya masih rendahnya kualitas dan kuantitas sumberdaya perawat, adanya tugas rangkap, serta kurangnya sosialisasi dan pelatihan Perkesmas. Keadaan ini masih diperparah lagi dengan relative sulit dan berbelitnya pelaksanaan Perkesmas, belum lagi sistem pencatatan dan pelaporan yang cukup banyak membuat perawat merasa enggan untuk melaksanakannya. Oleh karena itu untuk memudahkan pencatatan dan pelaporan maka akan diadakan pelatihan Perkesmas. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut nantinya akan meningkatkan motivasi perawat melaksanakan asuhan keperawatan.

Dalam asuhan keperawatan dilaksanakan pada keluarga rawan dan kasus-kasus yang paling sering ditemukan dalam masyarakat. Kasus yang dimaksud adalah keluarga rawan karena penyakit TB paru, kusta, hipertensi, ibu hamil beresiko, ibu hamil preeklamsia, ibu hamil anemia, balita KEP, neonatal BBLR, diare, rematik, asma dan diabetes mellitus.

Perawat sebagai pelaksana Perkesmas dapat mengembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi setempat serta ketersediaan sarana dan prasarana, namun setidaknya perawat dapat memulai langkah awal pelaksanaan asuhan keperawatan keluarga yang masih tertinggal.

Kegiatan keperawatan yang ditunjang dengan peran serta masyarakat. Ditujukan untuk mencapai derajat kesehatan masayarakat yang optimal ditandai dengan adanya sikap kemandirian dari masyarakat menuju Indonesia Sehat 2010